Sabtu, 11 Juni 2016

25 Hobi Yang Bisa Dijadikan Bisnis (3)

25 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Sebagai Bisnis (3)


Pada artikel sebelumnya anda sudah membaca 17 hobi yang bisa anda jadikan bisnis, kali ini saya akan melanjutkannya dari no 18, silahkan dibaca ya


                                  25 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Sebagai Bisnis (2)

18. Bersepeda

Bersepeda sebenarnya masuk dalam kategori hobi olah raga, akan tetapi sengaja saya pisahkan karena secara khusus hobi ini mempunyai komunitas tersendiri dengan berbagai macam jenis sepeda yang ada misalnya komunitas sepeda ontel tua, komunitas sepeda lipat, komunitas sepeda gunung dan lainya. Harganya pun tentu bermacam-macam dari yang murah hingga yang mahal. Dari yang satu jutaan hingga puluhan juta rupiah. Kiranya patut dicoba bagi yang punya hobi bersepeda sekaligus berbisnis mulai dari aksesoris hingga suku cadang sesuai jenisnya.

19. Bercocok tanam

Hobi bercocok tanam bukan hanya untuk para pegawai atau karyawan yang tinggal dipedesaan, namun seringkali juga kita temukan di perkotaan dengan lahan sempit atau yang sering kita sebut dengan Hidroponik, yakni budidaya tanaman tanpa tanah.

20. Kliping

Pernah datang ke toko buku shoping yang dekat dengan Malioboro? Saat merantau ke Jogja saya sering datang kesana dan menemukan dari salah satu buku tersebut menjual banyak kliping. Ini artinya bagi yang suka hobi mengkliping ada dua keuntungan sekaligus. Pertama, membantu orang yang sedang mencari informasi yang dibutuhkan dan kedua, kita bisa mendapatkan jasa penjualan dari kliping yang kita buat. Tertarik untuk mencoba?

21. Programming

Nah bagi yang hobi koding dengan berbagai macam bahasa pemograman komputer, saya kira banyak peluang bisnis di bidang IT. Kita tahu saat ini IT sedang berkembang pesat memasuki ke segala bidang. Salah satu bahasa pemograman yang sedang booming untuk smartphone adalah si robot ijo Android. Dengan membuat sebuah apps yang diselipkan kode iklan admob dan ketika apps tersebut banyak terinstall, maka peluang mendapatkan dollar pun akan mudah didapatkan. Tidak hanya itu, tidak sedikit programmer yang sukses karena hobinya utak-atik bahasa pemograman terentu namun pada akhirnya  banyak pesanan dari perusahaan atau individu untuk membuatkan sofware baik berbasis desktop edition atau web based. Disisi lain banyak pula programmer yang bisa menciptakan produknya secara mandiri dan banyak pula yang memanfaatkannya.

22. Kerajinan Tangan (Handycraft)


Bagi orang kreatif yang senang dengan produk kerajinan tangan buatannya sendiri, maka ini adalah sebuah peluang besar. Bagi kaum wanita ada yang suka merajut, membuat monceng dari kain flanel, membuat boneka dari kain bekas, dll. Sedangkan untuk kaum lelaki misalnya membuat miniatur pesawat, mobil atau motor. Kemudian membuat lampu unik dengan botol bekas, pigura dari kayu bekas, dll.

23. Kuliner dan Memasak


Bagi yang hobi dengan kuliner dan memasak, mungkin akan lebih cocok buka usaha katering atau rumah makan.

24. Fotografi

Hobi fotografi saat ini bisa dibilang pesat. Walau tidak harus memanfaatkan kamera DSLR yang berharga mahal, kini orang-orang bisa memanfaatkan smartphone dengan camera yang beresolusi tinggi. Memang hasilnya tidak sebagus kamera DSLR yang memang benar-benar untuk kegiatan fotografi. Namun demikian, cukup lumayan untuk sekedar mengabadikan objek foto-foto yang bagus dan menarik. Biasanya bisnis jasa fotografi seperti pra-wedding, acara keluarga, kegiatan perusahaan, organisasi kemanusiaan, pembuatan buku kenangan, dll. Ada juga yang menjual hasil objek foto melalui website khusus foto yang disediakan secara gratis.

25. Menulis

Sangat jelas hobi menulis bisa dijadikan sumber penghasilan sampingan bahkan hingga penghasilan utama.

Itulah ke-25 hobi yang bisa anda jadikan ladang bisnis dalam memperoleh penghasilan. Selain ke-25 itu, tentunya masih banyak yang lainya. Silahkan cari dan kembangkan sendiri ya. Selamat berbisnis...
Terima kasih sudah membaca artikel ini, ditunggu komentarnya.

0 komentar:

Posting Komentar