Kamis, 09 Juni 2016

25 Hobi Yang Bisa Dijadikan Bisnis (1)

25 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Sebagai Bisnis (1)



Apakah anda pernah mendengar bahwa hobi bisa anda jadikan sebagai bisnis ? Kenapa harus berbisnis dengan hobi yang anda sukai ? Karena kecintaan anda pada hobi anda ini yang akhirnya akan bisa bertahan dan bahkan bisa berkembang lebih besar. Inilah 25 hobi tersebut , silahkan dibaca ulasan selengkapnya dibawah ini ya 




1. Bermain Game

Harus diakui hobi yang satu ini jika kecanduan, maka bisa berakibat tidak baik. Misalnya bagi pelajar akan menghambat proses belajar sehingga jadi terganggu. Bagi karyawan misal seringkali abai terhadap pekerjaanya karena keasyikan main game.

Sekarang ini main game saja bisa dibisniskan dalam arti kata dapat menghasilkan uang. Di forum kaskus ada yang membahasnya secara khusus tentang game yang bisa menghasilkan uang misalnya Market Glory. Wow bisa dicoba ini bagi  mereka yang gila ngegame. Peluang lainya misalnya dengan membuka warnet, game online atau persewaan play station.

2. Komputer

Hobi dibidang komputer bisa dibagi dua. Pertama, dari sisi hardware dan kedua dari sisi software. Dari sisi hardware misalnya dia sering merakit PC. Sedangkan dari sisi software misalnya ia memperdalam salah satu software hingga ia kuasai, misalnya ia memperdalam software desain grafis seperti Corel Draw atau software edit video seperti Ulead Studio Video. Jika menciptakan sofware atau aplikasi sendiri maka nanti bisa dihubungkan dengan hobi programming. Sedangkan jika memperdalam software untuk desian grafis, maka bisa dihubungkan dengan hobi desain grafis.

3. Rekam Video

Hal termudah bagi seseorang yang hobi merekam apa saja yang ditemui dijalan misalnya merekam orang mancing, merekam burung, merekam pemandangan alam, dan lain sebagainya, maka peluang untuk bisa menghasilkan uang dari hobi ini adalah dengan mengunggahnya di Youtube. Untuk kemudian silahkan didaftarkan pada program Youtube Partners Program. Lebih jauh tentang program ini bisa dibaca disini. Peluang bisnis lainya jika punya hobi merekam video adalah dengan membuka jasa layanan rekam video misalnya di acara hajatan pernikahan, wisuda, dan acara-cara penting lainnya.

4. Hewan Peliharaan

Hobi memlihara hewan peliharaan seperti kucing, kelinci, marmut, burung, ayam jago, dan lain sebagainya dapat berpotensi untuk menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Kita ambil contoh misalnya burung. Beberapa bisnis yang dijalankan dari hobi memelihara burung misalnya menjual khusus pakan ternak burung, sangkar burung, hingga jual burung itu sendiri. Silahkan bagi teman-teman yang hobi memlihara hewan peliharaan, patut dicoba untuk berbisnis sesuai jenis hewan peliharaannya. 

5. Melukis atau Menggambar

Tidak diragukan lagi, ada banyak segment bisnis bagi teman-teman yang suka melukis dan menggambar. Teman saya ada yang memiliki skill dalam melukis. Hasil karyanya juga sering diikutkan dalam pameran-pameran seni rupa yang ada di Indonesia. Tidak ketinggalan pula bagi teman-teman yang suka menggambar desain-desain untuk kaos, maket rumah, taman, dan lain sebagainya.

6. Elektronik

Jangan dikira hobi dibidang elektronika tidak bisa dibisniskan. Saya mempunyai teman yang hobi utak-atik peralatan elektronika kemudian dia membuka jasa  service untuk berbagai macam produk elektornik seperti televisi, monitor, VCD / DVD player, radio, dan lain sebagainya. Selain itu ia juga sering mendapat pesanan untuk membuat sound sistem dengan menciptakan wiring diagram sendiri.

7. Mancing

Memancing merupakan hobi yang dianggap buang-buang waktu. Namun, bagi orang yang mempunyai hobi ini tentu akan berpendapat lain.

8. Musik

Anak muda yang hobi bermain musik biasanya suka membentuk group band. hal ini tentu mempunyai peluang untuk mengirimkan karyanya atau demo musik ke perusahaan rekaman atau untuk awal-awal bisa mencoba jalur Indie Label. Jika keberuntungan berpihak, maka gerbang kesuksesan ada dipelupuk mata. Namun, bagaimana jika hanya hobi mendengar musik? Tentu ini juga memilik peluang yang sama. 

Dalam artian, jika kita mau mengeksplore bisnis yang berkaitan dengan hobi musik ini sangat banyak. Sebagai contoh ada lho seseorang yang saking senang dengan musik ia membuka distro baju yang berkaitan dengan nama-nama pemusik baik didunia maupun di Indonesia. Bisa juga dengan membuat aneka souvenir, stiker, tas, dan lain sebagainya. Biasanya semua akan berembel-embel dengan nama-nama pemusik dan alirannya. Di Indonesia sendiri  sering kita temukan adalah Slank dan OI (orang Indonesia), komunitas Fans Iwan Fals.

Inilah 8 dari 25 hobi yang bisa anda sebagai bisnis, ditunggu sambungannya ya. Terima kasih sudah membaca.

0 komentar:

Posting Komentar