Minggu, 08 Mei 2016

ASAL USUL ORIGAMI

HOBBYKU

ASAL USUL ORIGAMI



Origami berasal dari dua kata, yaitu ori dan kami. ori bearti lipat dan kami bearti kertas, jadi kalau digabungkan bearti lipat kertas.

Origami adalah seni melipat kertas yang bermula dari T'sai Lun yang memperkenalkannya ke dunia. Seni tradisional ini bermula dari semenjak ketika kertas dipergunakan pada abad pertama di Cina tahun 105 Masehi.

Origami terkenal pada abad ke enam di Spanyol dan Jepang. Origami dibawa oleh para saudagar dari Arab yang seringkali singgah di Spanyol. Origami di Jepang dikenal melalui seorang Bhiksu yang sekaligus adalah dokter pribadi Ratu Shotaku.

Sejarah dari Origami tercatat sejak tahun 741-1191 pada zaman Heian yang lebih terkenal dengan nama orikata, arisui, atau arimono. Sebutan Origami pada zaman Kamakura tahun 1185-1333 adalah noshi-awabi (noshi). Origami kemudian berkembang pada zaman Muromochi pada tahun 1338-1573 dan menjadi cikal bakal image golongabn para bangsawan Jepang yang memisahkan golongan kelas atas dan golongan kelas bawah.

Origami modern dipelopori oleh Akira Yoshizawa dari Jepang pada tahun 1950-an. Origami modern ditandai dengan berbagai model realisitik dari binatang, benda atau benda benda yang bersifat dekoratif. Model origami ini yang dibuat oleh Akira sama sekali berbeda dengan origami tradisional Jepang yang telah dikenal sebelumnya.

Akira Yoshizawa sebagai pelopor origami modern bukan hanya menciptakan model baru, tetapi juga memperkenalkan Teknik lipatan basah dan diagram Yoshizawa -Randlett.

Teknik Lipatan Basah merupakan teknik melipat kertas dimana kertas dibasahi terlebih dahulu agar lentur sehingga mudah dibentuk.

Diagram Yoshizawa-Randlett merupakan diagram yang berisikan tentang cara penulisan instruksi pembuatan origami yang menggunakan simbol seperti panah dan garis. Diagram yang diciptakan oleh Akira ini sangat memudahkan para penggemar origami diseluruh dunia dalam memahami cara pembuatan origami.







0 komentar:

Posting Komentar