Jumat, 08 Juli 2016

Hobi Terhadap Tanaman Bonsai

Hobi Terhadap Tanaman Bonsai


Nggak semua hobi berarti konsumtif, ada juga yang sifatnya produktif seperti berkebun misalnya. Selain ampuh mengusir stres dan penat, kegiatan ini bisa mendatangkan penghasilan tambahan lho.




Coba lirik hobi bonsai yang nggak pernah termakan pasang surut tren kayak batu akik. Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan dan sudah dikenal sejak tahun 618 di Tiongkok. Bagi orang jepang, menanam bonsai bukan sekedar berkebun tapi merupakan seni karena keindahan yang ditawarkan.

Tertarik dengan bonsai, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sebelum memulai:
1. Lahan
Menanam bonsai sama sekali nggak memakan lahan lho. Jika kamu tinggal di apartemen atau rumah tapak dengan halaman super terbatas, bonsai bisa menjadi solusi hebat buat ‘menghijaukan’ hunian.

Karena bentuknya yang mini, bonsai bisa ditaruh di teras rumah atau balkon sehingga nggak bakal memakan tempat. Bonsai jenis juniper bahkan bisa ditaruh di dalam ruangan yang minim sinar matahari.

2. Bakalan
Bakalan atau bibit adalah bonsai setengah jadi. Seni yang ada pada hobi bonsai adalah merawat bakalan ini hingga memiliki bentuk yang sempurna.

Bakalan bonsai bisa dibeli secara online dengan beragam jenis sesuai seleramu. Harga bakalan ini bervariasi mulai dari Rp 200ribu.

3. Memilih Pot
Pot adalah media tumbuh bonsai. Usahakan memilih pot yang cukup besar agar tanah cukup untuk menutupi akar tanaman.

Kalau pot nggak cukup besar, bonsai nggak akan tumbuh optimal dan bisa-bisa malah mati. Seni menanam bonsai adalah menyeimbangkan bentuk pot dengan tanaman, sehingga membuatnya tampak seperti miniatur pohon.

4. Otodidak atau Training?
Menanam bonsai memang butuh keahlian. Kamu bisa belajar sendiri lewat internet atau mengikuti training. Selain itu kamu juga bisa bergabung dengan komunitas penggemar bonsai untuk mencuri ilmu.

Selain mudah, bonsai adalah hobi yang menguntungkan. Bahkan bisa menjadi pemasukan utama lho bila ditekuni. Hobi produktif yang ditekuni pasti bakal membawa untung. Nggak melulu soal finansial, tapi juga keuntungan psikologis karena terbebas dari stres. Nggak rugi kan jika kamu mulai melirik hobi menanam bonsai.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda.

Baca juga : Phobia Terhadap Hari Jumat ke-13

0 komentar:

Posting Komentar