Jumat, 06 Mei 2016

ASAL MULA BREAK DANCE

HOBBYKU

  ASAL USUL BREAK DANCE




Breakdance dikenal ketika DJ Koll Herc mulai menghasilkan musik yang sedikit berbeda dengan musik-musik pada zaman dulu. Sebuah musik hip-hop dengan beat yang patah-patah atau biasa disebut dengan break beat yang sangat berjasa dalam menghasilkan musik yang dapat menginspirasi para breaker menbciptakan gaya-gaya yang sangat atraktif dan unik.

Michael Jackson ada orang yang mendorong pertumbuhan Breakdance. Michael Jackson mulai memperkenalkan robot dance atau gerakan yang menyerupai robot pada lagu-lagu yang dia bawakan. Gerakan Moon walk yang dibawakan cukup melegenda dan dia juga selalu menemukan tarian-tarian baru yang menyebar seperti virus dan membuat orang-orang berusaha mengikuti gerakan yang dibawakannya.

Jika dilihat lebih jauh, jenis tarian ini telah lahir jauh sebelum Michael Jackson tampil dengan Robot Dancenya itu, Sang Legenda musik Punk James Brown telah menunjukkan sebuah tarian yang sedikit lebih banyak juga memiliki gerakan yang mirp dengan Breakdance.

Perkembangan jenis tarian ini pun sangat pesat,  bahkan beberapa komunitas di Amerika mulai terbentuk. Pada tahun 80-an, Break dance seperi menjadi fashion di Amerika. Hampir di setiap malam dibebrapa bagian kota terdapat bebrapa komunitas yang saling menunjukkan kebolehannya dalam melakukan jenis tarian ini.  Walau selalu berujung pada keributan, cara mereka berkompetisi memang sangat mirip dengan free style yang biasa dapat kita temukan pada musik Hip Hop.

Tidak hanya dijalan-jalan saja tarian ini ditemukan, karena club dan party pun menjadi lahan empuk bagi breaker unutk menunjukkan kebolehannya. Setelah sempat dianggap sebagai "sampah"dibeberapa tempat umum tersebut, akhirnya breakdance mulai menunjukkan kelasnya. Pada akhir tahun  1990, mulai banyak kompetisi breakdance yang bermuculan dan Battle Of The Year merupakan salah satu kompetisi yang sngat berkelas.

Kehadiran kompetisi Battle Of The Year ini langsung diikuti dengan berbagai kompetisi lainnya  yang secara tidak langsung mengangkat kelas jenis tarian ini.

Baca juga : Asal Usul Phobia

0 komentar:

Posting Komentar