Senin, 09 Mei 2016

FILATELI

ASAL-USUL FILATELI

Filateli
Filateli


Kata Filateli berasal dari bahasa Perancis philatélie yang diciptakan oleh filatelis Georges Herpin pada tahun 1964. Bahasa inggris dari Filateli adalah Philately.

Filateli adalah suatu aktivitas atau hobi mengumpulkan perangko ataupun benda-benda pos lainnya. 

Filatelis adalah pengumpul benda Filateli, Filatelis adalah seorang spesialis yang mendalami satu bidang saja di dalam dunia filateli, contoh seperti mendalami koleksi filateli bertema palang merah saja yang terbit di indonesia. Jadi sebenarnya para pengumpul perangko ini cukup menyebut dirinya sendir sebagai Stamps Collector atau pengumpul perangko.


Diindonesia sendiri berawal dari para pengumpul perangko yang berkumpul di Batavia. Mereka mendirikan kub filateli dengan nama Postzegelverzamekaar Club Batavia pada tanggal 29 Maret 1922.

Perkumpulan ini kemudian menjadi wadah gerakan terorganisasi yang secara nasional diwujudkan dalam pembentukan Nederlandsch Indische Vereeniging van Postzegel Verzamelaars tanggal 15 Agustus 1940 sebagai lanjutan dari Postzegelverzamekaar Club Batavia dan berkedudukan di Jakarta.

Setelah Proklamasi Kemerdakaan Indonesia, nama dari perkumpulan diubah lagi menjadi Algemene Vereeniging Voor Philatelisten In Indonesia. Pada tahun 1953 berganti nama lagi menjadi Perkumpulan Umum Philateli Indonesia, lalu pada tahun 1965 menjadi Perkumpulan Philatelis Indonesia (PPI) dan akhirnya pada tahun 1985 menjadi Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI).

Tgl 29 Maret inilah setiap tahun hari Filateli Indonesia dirayakan ..


Baca juga : Faktor Penyebab Phobia 

0 komentar:

Posting Komentar